Beranda > matlab, Programming, Proteksi STL > Bukan Tutorial : Pemodelan Rele Arus Lebih/ Over Current Relay dengan Matlab Simulink

Bukan Tutorial : Pemodelan Rele Arus Lebih/ Over Current Relay dengan Matlab Simulink

Menyambung posting terdahulu saya mengenai rele arus lebih, posting kali ini berusaha berbagi mengenai cara memodelkan rele OCR dengan menggunakan Matlab simulink. Dengan pemodelan ini kita bisa mengetahui waktu kerja OCR ketika terjadi gangguan dengan besar arus tertentu dan dengan setting tertentu yang bisa kita tentukan melalui konstanta. Simple dan mudah!!

Posting kali ini dibuat dengan asumsi pengetahuan mengenai karakteristik kerja rele OCR sudah dipahami (silahkan baca posting saya yang terkait). Berikut adalah langkah untuk membuat model rele Ocr di dalam simulink matlab :

  • Buka aplikasi matlab, lalu ketik "simulink" lalu tekan "enter"
    >> simulink
  • Buat file baru dengan memilih File -> New
  • Explore library browser lalu pilih Embedeed Matlab Function
    Simulink -> User Defined function -> Embedded MATLAB Function
  • Klik lalu drag ke file baru yang kita buat
  • Klik dua kali pada blok fungsi tersebut lalu masukkan script berikut
  • Lengkapi gambar dengan blok "step","delay", gerbang "OR", dan lainnya sehingga terbentuk seperti gambar di bawah ini
  • Klik dua kali pada blok "gain",lalu isi parameter sebagai berikut:
  • Klik dua kali pada blok "delay",lalu isi parameter sebagai berikut:
  • Klik dua kali pada blok "step",lalu isi parameter sebagai berikut:
  • Klik dua kali pada blok "delay",lalu isi parameter sebagai berikut:
  • Untuk menyederhanakan tampilan agar model OCR bisa digunakan dalam simulasi dengan tujuan tertentu, misalnya untuk OLS dll maka dapat dilakaukan dengan cara berikut :
    tekan "ctrl" + "a" untuk memilih semua blok, lalu klik kanan serta pilih "create Subsystem", maka akan kita peroleh blok seperti berikut :
  • Model OCR sudah siap digunakan untuk simulasi, sebagai contoh :
  1. Mei 23, 2018 pukul 3:36 am

    Saya sangat senang menemukan situs ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih. Saatnya bagi mereka yang karena bacaan yang luar biasa ini! Saya sangat menyukai setiap bagian dan pada saat yang sama lebih suka melihat informasi baru di blus Anda.

  2. denmas
    November 1, 2014 pukul 10:34 am

    blok perintah trip dan waktu kerja dimana yaa..makasih

  3. Juli 28, 2013 pukul 6:23 pm

    You really make it seem so easy with your presentation but I
    find this topic to be really something that I think I would never understand.
    It seems too complicated and extremely broad for me.
    I’m looking forward for your next post, I’ll try to get the
    hang of it!

  4. Juni 30, 2013 pukul 11:56 am

    Greetings from Carolina! I’m bored to death at work so I decided to browse your website on my iphone during lunch break. I really like the knowledge you present here and can’t wait to take
    a look when I get home. I’m surprised at how quick your blog loaded on my mobile .. I’m not even
    using WIFI, just 3G .. Anyhow, amazing blog!

  5. Mei 3, 2013 pukul 11:10 am

    com also pays you to post articles, photos, blogs and
    website links. The pros to these sites are that they take very little
    time out of your day. You can become a no cost lancer and create money online if you
    have certain abilities.

  6. September 15, 2012 pukul 12:29 am

    Hello, its good piece of writing concerning media print,
    we all understand media is a great source of information.

  7. armiadi.saputra@yahoo.com
    Mei 23, 2012 pukul 4:38 pm

    Mas budi udah saya buat simulasi tp selalu eror di scrip nya pada no 10, tampl psan seperti ini (perse : expression or statement is incorrent–possibly unbalance (,(, or [fungtion ocr,ocr (#18.574.575) line 10 .comm 83.”,”) ini bagai mana solusi nya mungkin bisa mas budi kirim yang lebih lengkap. terima kasih.

  8. armiadi
    Mei 22, 2012 pukul 5:02 pm

    saya tertarik masalah OCR simulink yg mas buat.., saya pingin tahu scrit yang mas buat pada user define function… boleh saya dapatkan script tersebut…saya mohon sangat untuk dikirim ke saya script tersebut melalui email: armiadi.saputra@yahoo.com

  9. Muhammad Yusuf
    April 27, 2012 pukul 8:31 pm

    mas budi yang baik hati…
    saya sdh mencoba menyelesaikan program matlabnya, sesuai dengan judul simulasi proteksi beban lebih dengan menggunakan matlab. tapi selalu saja eror dibagian COM CB didekat GI. Saya sangat bingung mas budi, selalu keluar boolean problemnya.
    tolong mas budi pencerahannya..
    mas budi yang baik hati, boleh dong saya minta data matlabnya..

    • budi54n
      April 30, 2012 pukul 11:05 am

      rubah output gerbang NOT menjadi tipe double, ketik float’double” pada bagian output specify via dialog

  10. agustia
    April 19, 2012 pukul 12:48 pm

    saya baru belaar membuat simulasi ni. mas budi, untuk Model OCR sudah siap digunakan untuk simulasi, mohon diperjelas gambarnya.

    • budi54n
      April 30, 2012 pukul 11:04 am

      silahkan cek jawaban atas pertanyaan pak edwin di bawah… sudah sya kasih link yang lebih jelas

      • agustia
        Mei 21, 2012 pukul 10:40 am

        sudah saya cek, tetapi untuk gambar Model OCR sudah siap digunakan untuk simulasi tidak ada. tolong share pak. apa bisa minta file matlabnya? saya sedang menyelesaikan tugas akhir. dateline-nya sudah dekat, tetapi belum selesai simulasinya. mohon bantuannya, kalau tidak bisa, gambarnya saja tolong dibagi. gambarnya tidak ada di post pak Erwin. Saya perbesar di bloknya pun tidak jelas, kabur. Terima kasih sebelumnya.

  11. sugihyarto
    Maret 22, 2012 pukul 11:01 pm

    gak bisa dilihat gambar script na, gak bisa diperbesar. mohon pencerahan suhu

    • budi54n
      April 30, 2012 pukul 11:03 am

      link untuk gambar diagaram block dan script yang diperbesar ada dibawah. silahkan baca komentar2 sebelumnya disitu sudah saya kasih link. trm kasih

  12. nn
    Maret 13, 2012 pukul 7:55 am

    maaf pak apakah ini bisa ditambahkan dengan gangguan hubung singkat dan pengukuran tegangannya

    • budi54n
      April 30, 2012 pukul 11:02 am

      tentu saja bisa ada kok diagram blok untuk simulasi gangguan. silahkan cek tulisan saya mengenai simulasi proteksi differetial relay

  13. Februari 24, 2012 pukul 11:20 am

    mas mau tanya, kalau misalnya kita memakai simulink untuk mengalikan sinyal kotak dan sinyal sinus, data dari hasil sinyal itu bisa di simpan dalam bentuk heksadesimal gak ya? kalau bisa bagaiamana caranya?makasih sebelumnya…

  14. agus priyanto
    Desember 12, 2011 pukul 4:16 pm

    mas bisa dapet program matlab nya dmna ya?
    apa ada yg free,,mohon pencerahany,,,
    terimakasih,,,

    • budi54n
      Desember 18, 2011 pukul 7:15 am

      saya tidak tahu apakah ada yang free atau tidak… tapi klo yang berbayar banyak…
      tapi saya masih pakai yang versi bajakan… hehehe (hanya untuk pembelajaran aja, tidak untuk komersil 🙂 ). Anak kuliahana teknik elektro pasti punya kok pak 😀 coba minta kopinya

  15. aries
    November 10, 2011 pukul 9:32 pm

    scope dibuat multi gitu gmn caranya, saya masih bingung

    • budi54n
      November 11, 2011 pukul 8:09 am

      tinggal buka dipropertiesnya scope.. ada pengaturannya di situ.. 😀

  16. September 21, 2010 pukul 7:26 pm

    pak tolong scribtnya dunk.. matur nuwun

    • budi54n
      November 11, 2011 pukul 8:08 am

      script udah ada di gambar tinggal klik untuk perbesar. nuwun

  17. Skybers
    Mei 22, 2010 pukul 2:46 pm

    Mas…mohon diperjelas scriptnya ya mas…hehe…thank b4…

  18. asr
    Maret 30, 2010 pukul 2:25 pm

    saya bener2 baru bljr matlab,,baru beberapa hari lalu,,masih nyari2 tutorial and cntoh2 ni,,,
    danke schon bwt contoh pemodelan ini,,,
    tapi pertanyaan gw,,,apa beda aplikasi dengan matalab dan pemodelan dengan matlab? keknya ni bukan masalh bahasa deh,,,karena dosen saya membuat pada nomor yg berurutan jika sama pasti cukup dijeda dgn kata atau kan,,,,
    tolong kasih ceramah dikit ya,,,,
    mkn gini dlu bos budi,,,danke.

  19. edwin
    Februari 27, 2010 pukul 9:55 pm

    saya sudah mencoba tp kok setelah PMT trip dan recloser bekerja kok PMT tidak trip kebali ya?? padahal sistem msih saya set dlm kondisi ganguan…???
    apa mkn dr SR flipflop nya ya pak??
    trimksh

  20. edwin
    Februari 23, 2010 pukul 10:08 pm

    mas gmn ya jika simulasi ocr ini ingin di tambahkan dengan recloser??

    • Februari 24, 2010 pukul 11:52 am

      bisa, tinggal buat blok yang di dalamnya terdapat timer untuk memberi perintah close (sederhananya gitu). bisa kok. silahkan mencoba

  21. edwin
    Februari 12, 2010 pukul 10:33 am

    oya trimakasih byak mas.. atas pencerahaanya..

  22. edwin
    Februari 8, 2010 pukul 12:14 pm

    oh gth ya.. apa bila tidak menggunakan skrip di atas bs gak ya di gnti dengan blok2 lain.??
    skripy kurang jelas.. dan saya didak terlalu paham.. heu..

    • Februari 8, 2010 pukul 2:45 pm

      sy belum pernah mencoba mengganti dengan blok yang lain. untuk melihat skrip dengan lbh jelas silahkan klik link dibawah ini
      skrip
      blok diagram lengkap

  23. Februari 5, 2010 pukul 11:00 am

    @ Edwin : ini pemodelan untuk OCRsatu fasa, otomatis bisa digunakan sebagai model GFR juga

  24. edwin
    Februari 5, 2010 pukul 9:28 am

    mas apakah ini sudah termasuk GFRnya??
    gmn ya pemodelan untuk GFR??

  1. Maret 14, 2015 pukul 4:34 am

Tinggalkan komentar