Beranda > mikrokontroler > Downloader Murah Meriah Untuk AT89S5x

Downloader Murah Meriah Untuk AT89S5x

Belajar pemrograman microcontroller tidak lengkap jika tidak mempunyai downlader sendiri. Apalagi harus oinjam teman, atau harus selalu ke lab di kampus untuk sekedar mencoba menjalankan program hasil karya kita sendiri. Ya, memang akan lebih memudahkan jika kita punya downloader sendiri. Namun jika harus membeli senfiri tampaknya kita harus berpikir dua kali, selain harganya mungkin agak itdak pas dengan ukuran kantong pelajar/mahasiswa, kita sebenarnya bisa membuat donloader sederhana dengan mudah dan murah. Mudah karena cuma membutuhkan koneksi 5 kabel dari paralel port (db25) dengan mikrokontroller atmel seri AT89Sx, murah karena cuma butuh IC microcontroller, dan sebuah kristal saja. Tidak seperti ketika kita membuat downloader seri AT89C5x yang membutuhkan 2 IC microcontroller (master dan Slave), serta IC MAX232 untuk komunikasi serial dengan komputer.

Berikut ini adalah gambar rangkaian lengkap downloader yang saya maksud :

Untuk melengkapi senjata anda untuk belajar, silahkan download sofware untuk mengkompile program Anda (yang ditulis dengan bahasa assembly) serta program untuk mengirimkan file hasil compile ke microcontroller dengan menggunakan rangkaian di atas. Berikut ini adalah pedoman pemakaian program terebut:

  • exstract dan kopi file ke drive C, misal di C:\downloader
  • Simpan file program *.asm di dalam folder yang sama dengan program. (dalam contoh di atas berarti simpan di folder downloader)
  • Gunakan porgram ASM51.exe dan OH.exe untuk mengkompile, bila program tidak bisa dijalankan maka pindahkan semua program dalam root direktori (tidak di dalam folder – dalam contoh di atas maka pindahkan program ke c:\, sedangkan file bisa tetap berada di folder)Misalkan file berada di folder ‘downloader’ dan program berada di C:\ maka cara eksekusi program adalah sebagai berikut :ketik C:\asm51 downloader\namafile.asm
  • Gunakan AECISP.exe untuk mengirim file hasil kompile *.hex ke microcontroller.

Selamat Mencoba

Pustaka : www.aec-electronics.co.nz

Untuk Artikel Lain bisa kunjungi : www.student.te.ugm.ac.id/~budis02

  1. Januari 10, 2010 pukul 6:07 am

    ass…sungguh sangat bermanfaat sekali info2 yang ada di website ini…mg tetap produktif dan bermanfaat bagi orang banyak..

  2. yudha
    Desember 14, 2009 pukul 11:06 pm

    saya mau tanya mengenai simulink boleh mas…bagi emailnya dong supaya bisa pribadi

  3. Maret 30, 2009 pukul 7:13 am

    where can I read about microcontroller in your blog?! I have searched about the word “atmel microcontroller” and you blog appeared to me

    • budi54n
      April 1, 2009 pukul 10:29 am

      Dear nitlogic,
      Recently there are limited article about microcontroller available on my blog. The only article I wrote here is about Simple and Cheap ATmel AT89Sx downloader.
      I’ll try to write another article in this near time.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: